Bahasa Inggris adalah salah satu mata pelajaran wajib bagi siswa SMA di Indonesia .Bahasa Inggris adalah bahasa asing yang sudah menjadi bahasa internasional.Bahasa Inggris juga kerap digunakan dalam kehidupan sehari-hari namun masih banyak siswa beranggapan bahwasanya bahasa Inggris itu adalah bahasa yang sulit untuk dipahami.
Meskipun banyak siswa yang beranggapan bahwa bahasa Inggris adalah bahasa yang sulit dipahami, namun mereka memiliki ketertarikan yang sangat tinggi dalam pembelajaran bahasa Inggris karena di dalam pelajaran bahasa Inggris mereka dapat mendapatkan banyak informasi tentang budaya asing sehingga mereka bisa mengkompare antara budaya mereka sendiri dan budaya asing.
Sebagai seorang guru SMA saya beranggapan bahwa kita harus mempunyai tips dan trik dalam pembelajaran di kelas khususnya dalam mata pelajaran bahasa Inggris, agar pembelajaran bahasa Inggris menjadi hal yang tidak ditakuti oleh siswa dan menjadi hal yang ditunggu-tunggu oleh siswa.
Di zaman yang serba digital guru dituntut untuk lebih berinovasi dan kreatif dalam membuat metode pembelajaran yang menyenangkan.
Guru juga harus mempunyai media yang menarik sehingga siswa dapat memahami proses pembelajaran bahasa Inggris dengan cepat dan menyenangkan.
Dalam artikel saya kali ini saya akan menggunakan salah satu media yang bernama spider web untuk pelajaran bahasa Inggris di kelas saya khususnya dalam pelajaran recount text.
Spider web adalah salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan dalam pembelajaran bahasa Inggris maupun pembelajaran yang lainnya.
Spider web adalah media cetak atau elektronik yang berbentuk lingkaran-lingkaran bergambar yang mana nantinya akan ditempelkan hasil karya atau problem peserta didik pada halaman tersebut.
Peserta didik juga dapat menambahkan kreativitas mereka masing-masing dan diaplikasikan ke dalam media spider web. Contohnya mereka dapat menggambar media spider web secara manual dan membuat akar-akar agar media tersebut sama seperti spider.
Untuk media digital mereka dapat menggunakan aplikasi canva yang mana akan membuat media spider web semakin menarik dan menyenangkan.
Media spider-man ini dapat digunakan dalam bentuk individu maupun dalam bentuk kelompok, namun di dalam penelitian saya kali ini saya akan menggunakan media spider web untuk kerja kelompok.
Langkah-langkah pembelajaran yang dapat dilakukan menggunakan media spider web ini adalah yang pertama siswa diberikan lembar kerja atau problem yang harus diselesaikan secara berkelompok menggunakan metode jumble paragraf. Setelah masing-masing siswa menerima potongan paragraf siswa bergabung ke kelompoknya masing-masing kemudian mencari arti dan makna yang tersirat dalam potongan paragraf tersebut. Ketika siswa sudah mendapatkan makna dari potongan paragraf tersebut siswa dituntut untuk menemukan potongan paragraf lainnya atau paragraf yang hilang sehingga siswa bersama kelompok dapat membuat satu paragraf sempurna menjadi paragraf recount text sesuai dengan generic structure yang sudah diajarkan.
Setelah siswa mampu membuat satu paragraf recount text dengan sempurna, siswa berusaha menemukan bagian-bagian generic structure yang ada di dalam paragraf tersebut. Kemudian siswa mencari kata-kata sulit yang ada di dalam paragraf tersebut menggunakan bantuan kamus digital atau kamus manual.
Jika paragraf sudah terkumpul dengan sempurna dan siswa juga sudah menemukan generic structure dari tiap paragraf, siswa dapat menempel potongan paragraf tersebut ke dalam media spider web yang sudah disediakan.
Siswa juga dapat berkomunikasi kepada kelompoknya untuk menemukan judul apa yang cocok untuk paragraf yang sudah mereka susun tersebut.
Jika paragraf tersebut sudah tersusun dengan sempurna dan generic structure pun sudah ditemukan siswa bersama kelompoknya diberikan waktu sejenak untuk mempersiapkan produk yang sudah dia buat untuk presentasi di depan kelas bersama kelompoknya menggunakan bahasa Inggris.
Bagi siswa yang menggunakan media spider web secara digital siswa dapat mengumpulkan hasil kerja mereka melalui aplikasi model yang sudah disediakan kemudian dapat dipresentasikan di depan kelas. Bagi siswa yang menggunakan media sepeda secara manual siswa dapat menambahkan warna menggunakan pensil warna mereka masing-masing ke dalam media spider web sehingga hasil karya siswa dapat bervariasi menurut keinginan mereka masing-masing.
Setelah hasil karya selesai dikerjakan siswa dapat mempresentasikan hasil karya mereka masing-masing bersama kelompok di depan kelas kemudian kelompok lain dapat memberikan feedback atau masukan terhadap hasil karya yang mereka presentasikan.
Untuk kegiatan akhir guru dan siswa sama-sama membuat kesimpulan atas apa yang sudah mereka kerjakan hari ini.
Siswa dan kelompok lain dapat memberikan masukan kritik dan saran atas apa yang sudah mereka presentasikan.
CONTOH SEDERHANA JUMBLE PARAGRAF
Alhamdulillah saya sudah mempraktikkan media pembelajaran ini di dalam kelas saya khususnya di kelas 10 dan hasilnya sangat luar biasa.
Para siswa sangat berantusias sekali dalam pembelajaran saya di dalam kelas, pembelajaran di dalam kelas pun menjadi sangat efektif dan inovatif sehingga membuat mereka lebih bersemangat dalam mengerjakan.
Semoga tips dan trik dari saya dapat bermanfaat bagi pembaca.
Oleh : Zennie Noor Hidayanti, S.Pd.