PENERIMAAN TAMU AMBALAN TAHUN AJARAN 2018/2019 SMA BUDI UTOMO

Peserta Penerimaan Tamu Ambalan Tahun Ajaran 2018/2019

Gadingmangu– Penerimaan Tamu Ambalan Tahun Ajaran 2018-2019 SMA Budi Utomo (PTA) telah  berhasil dan sukses terlaksana sesuai dengan rencana dan harapan yang diinginkan. Acara ini berlangsung di lapangan Gadingmangu Perak Jombang selama 2 (dua) hari dari tanggal 11 Agustus 2018 sampai tanggal 12 Agustus 2018 dengan diikuti 819 peserta yang terdiri dari siswa-siswi SMA Budi Utomo kelas X dari berbagai jurusan baik putra maupun putri dengan Nomer  Gugus Depan (GUDEP) 101.102.

Sebelum dimulai para peserta diwajibkan membawa perlengkapan yang dibutuhkan selama kegiatan Penerimaan Tamu Ambalan berlangsung. Dari 819 peserta akan dibagi menjadi berberapa kelompok yang kemudian masing-masing kelompok tersebut akan  dibimbing dan diarahkan kakak-kakak pramuka.

Secara resmi acara ini diawali dengan upacara pembukaan Penerimaan Tamu Ambalan (PTA) yang dipimpin langsung oleh  Bapak Drs. H. Bambang Wahyudi, M.Si.  selaku Kepala Sekolah SMA Budi Utomo Perak  sekaligus Pembina Pramuka dan juga dihadiri oleh Camat Perak Didik Tondo Susilo, S.H., M.Si. serta Sekcam Perak Widiono, SP.MM. upacara pembukaan berlangsung dengan sangat khidmat dan tertib.

Pembukaan dan smbutan Bapak Drs.Bambang Wahyudi, M.Si selaku Kepala Sekolah SMA Budi Utomo Perak Jombang

Dalam sambutannya beliau berpesan agar siswa-siswi SMA Budi Utomo dapat mengambil manfaat dan dapat mengimplementasikan Dasa Dharma, Tri Satya, 6 Thabiat Luhur dan Tri Sukses dalam kehidupan sehari-hari.

Setelah Penerimaan Tamu Ambalan (PTA) dinyatakan resmi dibuka oleh Bapak Drs. H. Bambang Wahyudi, M.Si. selaku Kepala Sekolah SMA Budi Utomo Perak kemudian acara dilanjutkan sesuai jadwal kegiatan sebagai berikut:

  1. Upacara pembukaan
  2. Pendirian tenda
  3. Jelajah
  4. Jumpa tokoh
  5. Api unggun
  6. Games
  7. Uparaca penutupan serta pengukuhan

Pendirian tenda dilakukan oleh tiap-tiap kelompok dengan arahan dan bimbingan kakak-kakak pramuka yang nantinya tenda itu akan menjadi tempat menginap para peserta selama acara berlangsung. Kerjasama, gotong-royong dan kekompakanlah yang dibutuhkan dan ditunjukan tiap kelompok dalam mendirikan tenda.

Pendirian tenda tiap kelompok

Ketika pendirian tenda berakhir, para peserta berkumpul ditengah lapangan untuk dibacakan tata tertib selama kegiatan Penerimaan Tamu Ambalan (PTA) Tahun Ajaran 2018/2019 berlangsung. Hal ini bertujuan agar semua rangkaian acara dapat berjalan dengan tertib dan tentunya sesuai dengan harapan.

Upacara pembukaan PTA & pembacaan tata-tertib peserta PTA

Tak terasa waktu larut malam, para peserta diperkenankan untuk beristirahat di tenda yang telah didirikan, tepat tengah malam para peserta dibangunkan untuk mengikuti jelajah malam mengelilingi sekitaran Desa Gadingmangu Perak Jombang. Meskipun agak mengantuk para peserta tetap antusias mengikuti serangkaian acara. Sembari menunggu adzan subuh berkumandang para peserta melakukan doa malam yang kemudian dilanjutkan dengan melakukan sholat shubuh berjamah dilapangan Gadingmangu Perak Jombang.

Pada sesi Jumpa tokoh diisi juga oleh Bapak Camat Perak Didik Tondo Susilo, S.H., M.Si. yang sekaligus sebagai KAMABIRAN yang berlangsung hingga siang hari. Ketika sore hari para peserta beserta kakak-kakak Pramuka masak bersama untuk santapan sore hari yang kemudian dilanjutkan dengan acara api unggun, games dan hiburan dari tampilan tiap-tiap kelompok.

Camat Perak Didik Tondo Susilo, S.H., M.Si.

Tepat tanggal 12 Agustus 2018 pagi hari upacara penutupan sekaligus pengukuhan para peserta Penerimaan Tamu Ambalan (PTA) Tahun Ajaran 2018/2019 berakhir. Banyak sekali bekal yang didapatkan oleh para peserta Penerimaan Tamu Ambalan diantaranya yaitu:

  1. Memberikan penjelasan tentang struktur ambalan
  2. Memperdalam wawasan siswa-siswi tentang kepramukaan
  3. Menanamkan nilai-nilai yang terkandung dalam Dasa Dharma dan Tri Satya.
  4. Menarik siswa-siswi dalam ekstrakulikuler Pramuka

Semoga acara yang positif ini terus berlanjut tiap tahunnya dan semoga kedepannya semakin bagus dan baik. Salam Pramuka..!!! Jaya…..!!!

Leave a Reply

Your email address will not be published.