PRAMUKA SMA BUDI UTOMO PERAK IKUTI RAIMUNA DAERAH JATIM XIII 2018 DI BUMI PERKEMAHAN CAI WONOSALAM JOMBANG

Pengurus PRAMUKA Daerah Jatim 2018

Gadingmangu- Pramuka merupakan singkatan dari Praja Muda Karana, yang memiliki arti Jiwa Muda yang Suka Berkarya. Pramuka merupakan sebutan bagi anggota Gerakan Pramuka yang meliputi, Pramuka Siaga (7-10 tahun), Pramuka Penggalang (11-15 tahun), Pramuka Penegak (16-20 tahun) dan Pramuka Pandega (21-25 tahun).

Sejatinya kegiatan pramuka sudah ada sejak zaman penjajahan, perkembangan pramuka di Indonesia terjadi pada tiga periode, yaitu mulai dari masa penjajahan Belanda, masa penjajahan Jepang, dan pasca kemerdekaan Indonesia. Pada dasarnya kegiatan Kepramukaan memiliki tujuan untuk melatih generasi muda agar memaksimalkan setiap potensi yang ada di dalam dirinya, baik itu intelektual, spiritual, sosial, dan fisik.

Peserta RAIMUNA Daerah JATIM 2018

Di era zamannya Bapak H. Nurhasan Al Ubaidah kegiatan pramuka ini juga sudah digalakkan. Beliau mengajak para muda untuk ikut berpartisipasi dalam kegiatna ini guna melatih dan memaksimalkan setiap potensi yang ada di dalam dirinya, baik itu intelektual, spiritual, sosial, dan fisik. Beliau juga menyampaikan dan mengisi ilmu agama didalam kegiatan kepramukaan sehingga generasi muda memiliki spiritual yang kuat didalam jiwanya.

Minggu (30/10) Daerah Jawa Timur melaksanakan RAIMUNA XIII Tahun 2018 di Bumi Perkemahan Kumbokarno –  Cinta Alam Indonesia, Dusun Kosambiwojo, Desa  Sambirejo, Kecamatan Wonosalam, Kab. Jombang- Jawa Timur.

Kegiatan ini dihadiri oleh jajaran pengurus SAKOCAB SPN (Satuan Persada Nusantara) Kabupaten Jombang, PINSAKODA dan PINSAKONAS SPN (Satuan Persada Nusantara)  serta diikuti oleh 1510 peserta yang berasal dari seluruh ranting di Kwartir Jawa Timur yaitu Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega, perwakilan 38 Kwartir Cabang se-Jawa Timur dan perwakilan Satuan Komunitas yang berada di Jawa Timur.

Pengurus & Tamu Undangan RAIMUNA Daerah JATIM 2018

Penyerahan Piagam Penghargaan sebagai Tuan Rumah Pelaksana RAIMUNA Daerah JATIM 2018

RAIMUNA XIII Daerah Jawa Timur Tahun 2018 mengangkat tema “Pramuka Jawa Timur Bersinergi Membangun Negeri” dan motto “Satyaku Kudarmakan, Darmaku Kubaktikan” dengan slogan “Berkarakter, Bersinergi, Berinovasi”.

Tim Pramuka SMABU 2018

Tepat hari Minggu pagi (30/09) tim pramuka SMA Budi Utomo Perak yang berjumlah 22 personil terdiri dari 16 siswa SMA Budi Utomo Perak (kelas X, XI, dan XII), 2 PINKON, 2 CST dan 2 BINDAMPING berangkat ke Bumi Perkemahahan Kumbokarno – Cinta Alam Indonesia Wonosalam, Jombang-Jawa Timur untuk menghadiri undangan kegiatan RAIMUNA XIII Daerah Jawa Timur. Acara ini dibuka langsung oleh AR Purmadi selaku Wakil Ketua KWARDA Jatim yang bertindak sebagai pembina upacara dalam pembukaan RAIMUNA XIII Daerah Jawa Timur 2018.

Selama satu minggu peserta pramuka akan berada di perkemahan tersebut guna mengikuti rangkaian kegiatan yang telah dirancang oleh panitia pelaksana. Maksud dari kegiatan ini adalah sebagai wadah pertemuan bagi Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega Jawa Timur untuk mempererat tali persaudaraan dalam berbagai aktivitas yang inovatif, kreatif, edukatif, rekreatif dan produktif dalam bentuk perkemahan, dengan tujuan akhir pembentukan watak dan pengembangan ketrampilan sebagai bekal kehidupan bermasyarakat.

Peserta pramuka akan digembleng khususnya dalam bekerjasama, kekompakan, kemandirian, kedispilanan, kesiap-siagaan dan juga dibekali dengan ketrampilan life skill seperti menembak, panahan, repling, membatik & ilmu agar dapat mengimplementasikan dalam kehidupan bermasyarakat setelah kembalinya dari acara RAIMUNA Daerah XIII Jawa-Timur.

2 comments

    • nurhayatun on 13/10/2018 at 9:24 AM
    • Reply

    Siip!!! smg lancar barokah. Aamiin

    1. Amin 354x….
      sama2 Bu Nurhayatun, lancar barokah dan sehat selalu….

Leave a Reply

Your email address will not be published.