Dec 31

SURAT PERNYATAAN STUDI LANJUT dan HASIL TES INVENTORI MINAT

SURAT PERNYATAAN STUDI LANJUT dan HASIL TES INVENTORI MINAT

Bagi bapak ibu orang tua/wali kelas XII yang menghendaki  anaknya melanjutkan sekolah ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi melalui jalur undangan, kami BK SMA Budi utomo perak menginginkan kerjasama dengan orang tua/wali terkait jurusan pilihan siswa/siswi. Besar harapan kami jurusan yang dipilih sesuai dengan bakat, minat, dan tentunya sudah disetujui oleh orang tua (berdasarkan musyawarah).

Jalur undangan masuk perguruan tinggi negeri ada 4 jalur, yaitu SNMPTN, PMDKPN, SPAN PTKIN dan Simpenmaru PMDP. Oleh kerena itu kami lampirkan kesanggupan untuk registrasi dan membiayai bagi orang tua yang anaknya diterima di perguruan tinggi pilihannya. Demikian pemberitahuan ini dibuat. Semoga anak anak didik kita bisa masuk dan diterima sesuai dengan minat dan bakatnya masing-masing. Jazakumullohu khoiro.

Download di:

FORMAT HASIL TES INVENTORI MINAT

SURAT PERNYATAAN STUDI LANJUT 17-18

Nov 28

Penyuluhan HIV/AIDS

 

 

Penyuluhan HIV/AIDS

Penyuluhan HIV/AIDS

Perak.

SMA Budi Utomo Perak Jombang Hari Senin (27/11) telah mengadakan “Penyuluhan HIV/AIDS.” Acara penyuluhan yang dilaksanakan di Aula Masjid Luhur Nurhasan Gadingmangu ini diikuti oleh 580 peserta dari kelas X dan XI. Sedangkan jumlah panitia ada 19 peserta.

Acara Penyuluhan HIV/AIDS ini dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari AIDS Sedunia yang biasa dilaksanakan pada tanggal 1 Desember. Namun, Acara dilaksanakan pada (27/11) karena banyak agenda kegiatan yang akan dilaksanakan pada bulan Desember. Heboh Handono selaku Waka Kesiswaan berharap parasiswa dan siswi untuk mengikuti acara ini dengan saksama, karena kegiatan ini akan membawa manfaat sebagai bekal untuk pencegahan dini bagi siswa/siswi pada zaman yang sudah mendunia ini, serta pengaruh pergaulan yang bebas.

Ariyono Yerrey Wibowo. M.Kes. selaku dosen dan dokter di salah RS di Lengkong serta Kertosono sangat piawai dalam menyampaikan materi HIV/AIDS pada siswa/siswi SMA Budi Utomo. Apalagi saat materi disampaika menggunakanbmetode tanya jawab antara dokter dan peserta. Peserta sangat antusias dalam mengikuti acara penyuluhan kali ini.

OSIS SMA , Mohammad Daffa selaku panitia sangat berharap kegiatan semacam ini bisa dilaksanakan tiap tahun. Apalagi sebelum acara Penyuluhan peserta diberi materi yang berkaitan dengan dalil-dalil Al Quran dan Al Hadist. Semoga acara ini bisa membawa manfaat. Aamiin. (AS)

Jul 24

MPLS SMA Budi Utomo Ditutup Waka Kesiswaan

WAKA Kesiswaan Pimpin Upacara Penutupan MPLS

WAKA Kesiswaan Pimpin Upacara Penutupan MPLS

Perak. Pada hari Rabu (19/7) MPLS SMA Budi Utomo Perak Tahun Pelajaran 2017/2018 ditutup oleh Wakil Kepala Kesiswan Heboh Handono Pribadi Luhur sekaligus sebagai Pembina Upacara. Heboh Handono yang sudah menyelesaikan S2 ini menutup acara MPLS menggantikan Kepala SMA yang pada saat itu tidak bisa hadir karena ada kesibukan yang tidak bisa ditinggalkan.

Pada sambutan penutupan, Heboh Handono menuturkan bahwa hendaknya semua peserta bisa menyerap dan mempraktikkan ilmu yang didadapat selama acara MPLS yang dilaksanakan di Aula Masjid Luhur Gadingmangu, Perak Kabupaten Jombang. Terutama praktik langsung ketika di sekolah dan lingkungan luar sekolah. Siswa SMA Budi Utomo baik yang baru yang sudah lama akan berhadapan dengan tata tertib sekolah, contohnya bagaimana model rambut yang ditentukan dan bagaimana pula seragam yang harus dikenakan.

Acara penutupan ditandai dengan pelepasan tanda peserta MPLS dan diganti dengan seragam Almamater berwarna hijau tanda kebesaran SMA Budi Utomo. Sorak gemuruh sebanyak 1.174 peserta semakin menambah haru di ruangan yang berukuran 20 X 40 meter itu, belum lagi sorak sorai dari Panitia Guru sebanyak 52 dan tambahan panitia sukarela dari OSIS, MPK, PMR, PKS, Pramuka, Paskibra, dan Broosment  sebanyak 80 personil.

Sebenarnya acara MPLS SMA Budi Utomo ini belum berakhir, namun karena rencana kegiatan indoor itu hanya direncanakan tiga hari, dan sedangkan yang satu harinya untuk kegiatan di luar ruangan. Acara yang di luar ruangan adalah PBB yang nantinya akan dilatih oleh TNI dan Polwan. Kekuatan pelatih dari TNI dan Polwan sebanyak 52 Personil.

Selepas acara PBB yang dilaksanakan di lapangan SD dan lapangan Nur Zainudin pada pagi hari, maka peserta selanjutnya diajak untuk observasi lingkungan yang ada di lingkungan sekolah. Parapeserta berkeliling mengitari Gedung 1, 2, 3,dan 4, Mulai dari lantai dasar , lantai dua, dan lantai tiga.

Semoga dengan dilaksanakan acara penutupan ini, apa yang menjadi harapan sekolah serta harapan parapanitia bisa terwujud. Sehingga Siswa baru tidak merasa asing di lingkungan sekolah yang baru, Semoga.(AS)

Jul 24

Polres Jombang dan Koramil Isi Materi MPLS di SMA Budi Utomo Perak

Polres Jombang Isi Materi MPLS di SMA Budi Utomo

Polres Jombang Isi Materi MPLS di SMA Budi Utomo

Perak, Di hari kedua pelaksanaan MPLS di SMA Budi Utomo Perak Jombang parapeserta masih sangat antusias untuk mengikuti materi yang diberikan oleh para narasumber. Pada hari Selasa ( 18/7) ada tiga narasumber yang semuanya berasal dari luar SMA Budi Utomo, masing-masing adalah dari Polres Jombang, Puskesmas Perak, dan satu pemateri yang berasal dari Koramil Perak. Sebenarnya panitia MPLS untuk materi Wawasan Kebangsaan sudah mengundang pemateri dari Kodim Jombang, namun karena suatu hal akhirnya Kodim Jombang melimpahkan ke Koramil Kecamatan Perak. Komandan Rayon Militer Pujiono yang sudah berpangkat Kapten Infantri ini mengisi materi “Wawasan Kebangsaan”. Di sela-sela saat menyampaikan Danramil yang menjabat di Koramil Perak merasa terkagum-kagum melihat peserta yang sejumlah 1.174 duduk bersama di satu tempat dengan latar belakang dan asal daerah yang berbeda-beda. Semacam ada pengabsenan. Saat pengabsenan ada yang menyebutkan Aceh, NTB, Bali, Papua Barat, Sulawesi, Jabodetabek, DKI, Jateng, Jatim, dan tidak ketinggalan pula Gadingmangu Kecamatan Perak , Kabupaten Jombang. Sebelum Danramil Perak, pemateri yang pertama adalah dari Polres Jombang. Sedangkan pada penyampaian materi kedua materi yang disampaikan adalah “Bahaya Penggunaan Narkoba”. Pemeteri saat menyampaikan materi juga selalu mengadakan komunikasi untuk menanyakan suatu hal pada parapeserta. Pertanyaan yang dilontarkan pemateri kedua “ Adakah diantara peserta yang sudah mengenala Doubel L”. Sebanyak 1.174 peserta tidak satupun yang mengangkat tangan. Dan hal demikian menurut Afwan berarti siswa Budi Utomo tidak ada yang mengenal dan mengkonsumsi Narkoba. Sebelum acara ditutup pada hari kedua, Dokter Kepala Puskesmas Kecamatan Perak menyampaikan materi yang berjudul “ Sekolah Sehat”. Kali ketiga Dokter Kepala yang sudah mendapat gelar S2 itu merasa bangga terhadap SMA Budi Utomo dan Poskestren Gadingmangu yang sudah juara 1 lomba tingkat provinsi Jawa Timur. Dokter Kepala merasa bangga karena sekolah binaannya bisa juara tingkat provinsi. “Tinggal menjaga dan melestarikan lingkungan yang bersih dan sehat di tiap-tiap lingkungan sekolah, masjid, rumah, dan fasilitas-fasilitas lainnya.” Ujar Dokter Puskesmas itu. Penanganan yang perlu ditingkatkan lagi adalah tentang penggunaan bungkus-bungkus plastik yang selalu digunakan siswa dan orang-orang yang ada di sekitar sekolah. Bila kebersihan terjaga, maka sekolah akan menjadi bersih.(AS).

Koramil Perak Isi Materi MPLS di SMA Budi Utomo

Koramil Perak Isi Materi MPLS di SMA Budi Utomo

Jul 18

MPLS SMA Budi Utomo Perak Diikuti 1.174 Siswa

MPLS SMA Budi Utomo 2017/2018

Perak.  Di Tahun Pelajaran 2017/2018 ini kembali SMA Budi Utomo Perak mengadakan MPLS (masa pengenalan lingkungan sekolah) yang diikuti sebanyak 1.174 siswa/peserta. MPLS yang diadakan pada hari Senin ( 17/7) ini dibuka oleh Kepala SMA Budi Utomo Bambang Wahyudi dan sekaligus sebagai Pembina Upacara dalam pembukaan acara MPLS  kali ini. Dari 1.174 jumlah peserta putri sebanyak 700 dan putra sejumlah 474.

Lebih lanjut Kepala SMA Budi Utomo dalam sambutannya mengharapkan semua peserta bisa mengikuti acara MPLS  sampai usai, yaitu dari hari Senin-Kamis atau dari 17 Juli-20Juli. Lebih lanjut di sela-sela sambutan Kepala SMA Budi Utomo memberikan pertanyaan-pertanyaan pada para peserta, Salah satunya tentang asal  daerah dari peserta. Ternyata ada yang dari Aceh, Papua Barat, NTB, Sulawesi, Kalimantan, Jabodetabek, Jawa Barat, Bengkulu, Jambi, Riau, dan daerah lainnya. Serta tidak ketinggalan peserta dari Jawa Timur termasuk juga dari Jombang.

“ Dari perbedaan-perbedaan asal daerah ini bukan berarti untuk menjauhi, namun dari perbedaan asal daerah ini parapeserta agar bisa saling mengenal dan memahami , “ Ujar Kepala SMA.

Selain itu diharapkan oleh Kepala SMA Budi parapeserta bisa menyerap semua ilmu yang disampaikan oleh Narasumber baik yang dari SMA sendiri maupun Narasumber di luar SMA, yaitu dari Kodim Jombang, Puskesmas Perak, dan Polres Jombang.

Agus Supandi sebagai Ketua Panitia MPLS juga melaporkan kekuatan panitia dari guru dan karyawan sejumlah 55 personil, ditambah OSIS dan MPK 25 personil, PMR 12 Personil, Brossment 5 personil, Paskibra 20 personil, PKS 12 personil, dan 2 tenaga Medis.

Selain kekuatan panitia yang sejumlah tersebut di atas juga ada personil dari TNI untuk melatih PBB sejumlah 21 personil dan 31 Polwan dari Polres Jombang.Serta 3 Narasumber masing-masing dari Kodim Jombang, Polres Jombang, dan Puskesmas Perak.

Semoga dengan dibukanya MPLS tahun ini SMA Budi Utomo tambah maju dan bisa mengemban amanat yang diberikan orang tua pada SMA Budi Utomo, Semoga (AS).

Peserta MPLS SMA Budi Utomo

Peserta MPLS SMA Budi Utomo

Peserta MPLS SMA Budi Utomo

Peserta MPLS SMA Budi Utomo

Peserta MPLS SMA Budi Utomo

Peserta MPLS SMA Budi Utomo

Laporan Ketua Panitia MPLS

Jul 17

INFORMASI PIDAH SEKOLAH (MUTASI MASUK)

Kami sampaikan bahwa SMA Budi Utomo Perak Jombang untuk sementara waktu tidak menerima siswa mutasi masuk baik kelas X, XI dan XII. Hal ini dikarenakan quota siswa telah penuh. Demikian informasi ini kami sampaikan semoga manfaat dan barokah.

Jun 17

SURAT EDARAN DAFTAR ULANG BAGI KELAS XI DAN XII

YAYASAN  PENDIDIKAN  BUDI  UTOMO

SMA  BUDI  UTOMO

Status : Terakreditasi – A        Nss. : 304 050 405 053

www.sma.ypbugama.org

Jl. Mashur Nurhasan Gadingmangu,Perak,Jombang,Jatim 61461 Telp. (0321) 860816

========================================================================================

SURAT EDARAN

 

Nomor             : 548/SMA.BU/SE/V/2017                                           Kepada Yth :

Hal                   : Informasi Kegiatan Sekolah                                    Bapak / Ibu / Orang Tua Wali

Di tempat

 

السّلام عليكم ورحمة الله وبركاته

Dengan Hormat,

Sehubungan dengan berakhirnya Kegiatan Sekolah Tahun Pelajaran 2016/2017 maka dengan ini kami bersyukur kepada Alloh, Bapak/Ibu/Orang Tua Wali atas partisipasi dan kerjasamanya yang baik selama ini.

Selanjutnya, untuk membantu kelancaran putra-putri Bpk/Ibu/Orang Tua Wali dalam mengikuti Kegiatan Sekolah Tahun Pelajaran 2017/2018, kami sampaikan hal-hal sebagai berikut :

A. Kegiatan Sekolah

  1. Libur akhir tahun pelajaran mulai tanggal 19 Juni s.d. 15 Juli 20
  2. Daftar awal tahun pelajaran tgl 17d. 19 Juli 2017, KBM dimulai tanggal 17 Juli 2017.
  3. KBM sesi pagi dimulai jam 07.00 d. 12.20 WIB dan siang hari jam 13.00 s.d. 17.20 WIB.
  4. Bagi siswa kelas XI & XII yang belum menyerahkan foto copy Ijazah, SKHU, NISN & Kartu Keluarga segera melengkapi sebagai syarat untuk mengikuti Ujian Nasional.

 

B. Biaya Sekolah bagi siswa yang naik kelas dari kelas X ke kelas XI dan kelas XI ke kelas XII

NB: Bagi siswa kelas XI Reguler yang pindah ke kelas XI Khusus, maka ditambah dengan biaya Sumbangan Komputer & DSP sebesar Rp. 2.500.000;

 

Untuk kenyamanan putra – putrinya dalam belajar, biaya sekolah tersebut di atas mohon dibayar pada saat awal KBM  tahun pelajaran 2017/2018 tanggal 17 s.d. 19 Juli 2017, bisa melalui transfer ke Rekening Sekolah :  a.n. SMA BUDI UTOMO. No. Rekening 1029747907. BRI Syariah KCP. Mojoagung, atau diangsur secara bertahap tiap bulan.

Mohon kepada Bapak/Ibu untuk menasihati putra/putrinya agar lebih giat dalam belajar, supaya menjadi teladan dan mendapat prestasi yang lebih baik, nilai standar kelulusan setiap tahun ditingkatkan untuk (teori dan praktik).

Demikian surat edaran ini disampaikan atas perhatianya kami ucapkan terima kasih.

والسّلام عليكم ورحمة الله وبركاته

                                                                                            

                                                                                                Perak, 20 Mei 2017

Ketua YPBU                                                                           Kepala Sekolah,

 

 

NURHADI                                                                                 Drs. H. BAMBANG WAHYUDI,M.Si

                                                                                                  Nip. 19641223 199112 1 001

  1. Untuk informasi hubungi :
  2. Anton Abdul Rahman, S.Pd.   HP/WA: 085 331 310 354
  3. Informasi bagian administrasi keuangan,   HP/WA: 081 329 545 189 – 081 378 127 354 – 085 645 916

DOWNLOAD FILE

Jun 06

INFORMASI PERPINDAHAN JURUSAN

Bagi Siswa-Siswi SMA BUDI UTOMO yang menghendaki Perpindahan Jurusan silakan mendownload file dibawah ini. Untuk Alur dan Pelayanan Perpindahan Jurusan hanya akan dilayani sesuai waktu yang sudah ditentukan. Panitia hanya bersifat mengupayakan perpindahan jurusan sesuai dengan alur dan ketentuan yang berlaku di SMA BUDI UTOMO. Untuk keputusan perpindahan kelas dan jurusan disesuaikan dengan kelas yg disediakan.

DOWNLOAD FILE DISINI.

Bagi Siswa-Siswi kelas XI SMA BUDI UTOMO yang menghendaki pindah jurusan silakan mencermati alur proses perpindahan jurusan  di bawah ini.

NB : Untuk Pelayanan Perpindahan Jurusan hanya akan dilayani pada waktu yang sudah ditentukan. Hasil pindah jurusan akan disesuaikan dengan kuota yang tersedia.

CP:

  1. Diana Yani              : 085258340419
  2. Chalvin Kinantara : 081554098143

May 24

SMA BUDI UTOMO MENGADAKAN IKHTIBAR II

 

 

 

 

Perak. SMA Budi Utomo bersama Pondok Pesantren Gadingmangu Perak telah mengadakan acara Ikhtibar Tahfidul Quran II yang dilaksanakan di Aula Masjid Luhur Gadingmangu Perak.

Acara yang dilaksanakan hari Rabu (24/5) ini dihadiri sebanyak 1.100 siswa siswi dari SMA Budi Utomo dan sebanyak 111 Guru Pondok Pesantren Gadingmangu. Acara yang dibuka oleh Kepala Sekolah Bambang Wahyudi dan sekaligus Pembina Pondok ini adalah acara Tahfidul Qur’an yang kedua.

Di sela-sela acara pembukaan, Bambang Wahyudi menyampaikan bahwa orang yang hafal Al Quran ada beberapa kefadholan atau keutamaan. Keutamaan itu diantaranya adalah orang itu akan mendapat syafat di hari kiamat. Kefadolan lainya orang tuanya akan mendapat mahkota yang sangat bersinar, serta sinarnya bisa mengalahkan terangnya sinar matahari.

Dalam acara yang akan dilaksanakan sehari ini ada beberapa siswa yang melaksanakan simulasi. Salah satunya adalah Mohammad Seno Aji kelas X 9 yang berasal dari Bekasi dan sudah hafal delapan Juz. Peserta yang kedua adalah Muhammad Sulthon yang berasal dari Gadingmangu. Kedua peserta ini dites dari penyimak untuk melanjutkan bacaan dari yang dibacakan oleh penyimak.

Harapan dari Beberapa panitia acara ini bisa dilaksanakan kembali dan berkelanjutan. Sebab dengan acara seperti ini banyak siswa merasa termotivasi ( AS).

Mohammad Seno Aji kelas X 9 sudah hafal delapan Juz

Penyerahan penghargaan kepada siswa

Penyerahan penghargaan kepada siswa

Para peserta antusias dalam mengikuti acara Ikhtibar

 

May 22

CAMAT PERAK PIMPIN UPACARA HARKITNAS DI SMA BUDI UTOMO

Perak, Di Lapangan Masjid Luhur Gadingmangu Perak pada hari Senin  ( 22/5)  telah diadakan upacara dalam memperingati Hari Kebangkitan Nasional yang ke-109. Hadir dalam upacara ini Camat Perak Didik Tondo Susilo beserta Muspika kecamatan Perak serta Kepala SMA Budi Utomo  dan Kepala SMK Budi Utomo, hadir pula dalam upacara itu Bapak/Ibu Guru dan karyawan, serta siswa dan siswi SMA dan SMK Budi Utomo Perak.

Dalam kesempatan itu, Camat Perak Didik Tonda Susilo menyampaikan pidato Kemeninfo. Upacara yang dilaksanakan kali sangat khitman. Pada pidato ini, Camat Perak menyampaikan perlunya kebersamaan dan kebangkitan dalam dalam segala bidang, lebih lanjut disampaikan oleh Camat Perak perlunya pengurusan perizinan pada bidang apapun, dan perlunya kecepatan dan ketepatan dalam pemrosesan perizinan.

Jikalau sebelum Presiden Joko Widodo pemrosesan perizinan itu memerlukan jangka waktu yang lama. Namun, saat presiden yang keenam ini pemrosesan itu tidak lagi lama seperti tahun-tahun sebelumnya. Salah satu contoh ada yang memroses perizinan sampai 350 hari bahkan ada yang memroses perizinan sampai dengan 600 hari.

Kebangkitan ini perlu disambut gembira oleh semua pihak, lebih-lebih dalam dunia pendidikan baik jenjang pendidikan menengah dan jenjang pendidikan atas. Semoga kegiatan yang sudah dilaksanakan oleh Muspika bersama Yayasan Pendidikan Budi Utomo (YPBU) Perak ini bisa berkelanjutan, sekaligus sebagai kerja sama yang baik antara Muspika dan YPBU Perak. Semoga (AS).

Older posts «