Melawan Anemia, PMR Wira SMA Budi Utomo Gadingmangu Bagi Tablet Tambah Darah

Rabu (30/08) PMR Wira SMA Budi Utomo Gadingmangu mengadakan sosialisasi tentang mengatasi anemia. Tak hanya sosialisasi, anggota PMR juga membagikan obat penambah darah kepada siswi SMA Budi Utomo Gadigmangu.

Anemia adalah masalah kesehatan yang terjadi saat jumlah sel darah merah dalam tubuh lebih rendah dibandingkan dengan jumlah normalnya. Sel darah merah bertugas membawa oksigen ke seluruh tubuh. Jika tubuh tidak memiliki cukup sel darah merah, maka organ tubuh tidak mampu bekerja dengan baik. Kondisi ini bisa menimbulkan konsekuensi yang parah dan berbahaya misalnya kelelahan, kulit pucat, pusing, sesak napas, jantung berdebar, kulit dan rambut kering.

Continue reading

Menang Dramatis, Tim Futsal SMA Budi Utomo Gadingmangu Menang atas SMKN 1 Tuban

Surabaya – Minggu (04/09) Tim futsal SMA Budi Utomo Gadingmangu bertolak menuju Surabaya untuk mengikuti kompetisi futsal yang diselenggarakan oleh Ekonomi Islam Cup Eksternal 2022 Tingkat Nasional di Gedung Olah Raga Unesa. Kompetisi ini diikuti 32 tim Futsal dari berbagai kota di Jawa Timur. Dibabak 32 besar, Tim SMA budi Utomo Gadingmangu melawan Tim Futsal dari SMKN 1 Tuban.

Dimenit awal SMA Budi Utomo Gadingmangu mampu menekan lawan, hingga akhirnya berhasil membobol gawang lawan sehingga SMA Budi Utomo Gadingmangu unggul 1-0. Kurangnya koordinasi pemain belakang berhasil dicuri oleh Tim lawan yang mengakibatkan Gawang SMA Budi Utomo Gadingmangu kebobolan dan skor imbang 1-1.

Continue reading

Berjalan Lancar, Pelaksanaan ANBK 2022 Sukses

Jombang – SMA Budi Utomo Gadingmangu melaksanakan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) Senin – Selasa (29-30/8). Pemerintah telah secara resmi menjadikan ANBK adalah sebagai pengganti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).
ANBK adalah penilaian yang fokus melakukan tindakan evaluasi input, proses, dan output pembelajaran melalui serangkaian tahapan tertentu selain itu ANBK juga sebagai sebuah evaluasi yang dilakukan pemerintah untuk pemetaan mutu sistem pendidikan pada tingkat satuan pendidikan. Pelaksanaan ANBK bisa dilakukan secara online dan semi-online, Peserta yang berhak mengikuti ANBK adalah para siswa yang berada di tingkat satuan pendidikan dasar dan menengah.

Continue reading

Masa Depan Cerah Dengan Mengikuti Webinar Stunting

Belakangan ini kita sering mendengar tentang Stunting dan sering dibicarakan oleh ibu-ibu yang memiliki anak balita. Stunting dan pendek memang sama-sama menghasilkan tubuh yang tidak terlalu tinggi. Namun stunting dan pendek adalah kondisi yang berbeda sehingga membutuhkan penanganan yang tidak sama. Singkatnya stunting adalah pendek namun pendek belum tentu stunting.

Stunting pada anak memang harus menjadi perhatian dan diwaspadai. Kondisi ini dapat menandakan bahwa nutrisi anak tidak terpenuhi dengan baik. Jika dibiarkan tanpa penanganan, stunting bisa menimbulkan dampak jangka panjang kepada anak. Anak tidak hanya mengalami hambatan pertumbuhan fisik, tapi nutrisi yang tidak mencukupi juga memengaruhi kekuatan daya tahan tubuh hingga perkembangan otak anak.

Continue reading

Seru!!! Semarak Kemeriahan HUT Kemerdekaan RI ke-77

Momen 17 Agustus menjadi hal menarik bagi seluruh warga Indonesia untuk merayakan HUT RI ke 77 melalui acara lomba tradisi di daerahnya masing-masing.

Fenomena merayakan lomba tradisi di daerah termasuk di sekolah sangatlah memberikan healing bagi warga maupun sekolah yang di rayakan satu tahun sekali. Pelaksanaan lomba dalam rangka memeriahkan Kemerdekaan RI ke-77 SMA Budi Utomo Gadingmangu menyelenggarakan lomba yang dilaksanakan selama satu minggu mulai Senin, 15-20 Agustus 2022 dilapangan SMA Budi Utomo Gadingmangu. Beberapa lomba yang dihelat banyak mencuri perhatian pasalnya seluruh halaman dan bahkan gedung-gedung sekolah dipadati siswa-siswi untuk mendukung kelas mereka yang berlaga diperlombaan tersebut.

Continue reading

Bupati Cup 2022, Tim Voli SMA Budi Utomo Gadingmangu Menguras Tenaga

Jumat (26/08)  PBVSI Kab. Jombang menggelar Lomba Voli Bupati Cup 2022 antar pelajar Tingkat SMA/SMK/MA se-Jombang. Munjidah Wahab dan Kapolres Jombang AKBP Moh Nurhidayat. membuka secara langsung event ini di GOR Merdeka Jombang yang diikuti oleh 40 Tim Putra dan 19 Tim Putri.

SMA Budi Utomo Gadingmangu juga ikut dalam turnament tersebut. Event yang bergengsi ini tak disia-siakannya dengan menurunkan tim terbaikanya. Namun perjalanan Tim Voli SMA Budi Utomo Gadingmangu tak berjalan mulus. Terhenti dibabak 16 (enam belas)  besar setelah tumbang dari Tim Voli SMAN Bareng Jombang.

Continue reading

Terus Meningkatakan Budaya Literasi, SMA Budi Utomo Gadingmangu MoU dengan Perpustkaaan Kabupaten Jombang

Senin (29/08), SMA Budi Utomo Gadingmangu kedatangan tamu dari Perpustakan Kab. Jomabang. Kehadiran Tim Perpustakaan ini meninjau secara langsung keadaan Perpustakan, juga memberikan penghargaan kepada Perpustakaan SMA Budi Utomo Gadingmangu yaitu pemberian piagam “Perpustakaan Percontohan di Desa Gadingmaangu”


Tentu kita pahami bersama bahwa Perpustaakn adalah hal penting dalam menunjang pendidikan di sekolah. Untuk mencapai tujuan dan fungsi Pendidikan Nasional, Sekolah sebagai salah satu lembaga pendidikan perlu menyediakan berbagai fasilitas belajar guna meningkatkan mutu pendidikan.

Continue reading

Simulasi dan Gladi Bersih Usai, LPMP dan Dinas Pendidikan Monev

Selasa (23/08) Simulasi dan Gladi Bersih Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) untuk tingkat Sekolah Menengah Atas telah berjalan. Maka untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan kegiatan tersebut, apakah telah sesuai dengan POS (Prosedur Operasional Standar) Penyelenggaraan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK), berbagai pihak pun saling bekerjasama melakukan monitoring dan evaluasi (monev) terhadap kegiatan asesmen tersebut.

Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Provinsi Jawa Timur dan Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Kabupaten Jombang melakukan kegiatan Monitoring dan Evaluasi beberapa waktu lalu di SMA Budi Utomo Gadingmangu.

Continue reading

Penyesuaian dengan Era Saat Ini, SMA Budi Utomo Gadingmangu Upgrade Visi – Misi Sekolah

SMA-BUDI-UTOMO

Jum’at (19/08) SMA Budi Utomo Gadingmangu mengadakan penyusunan visi, misi dan tujuan sekolah. Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Sekolah beserta wakil-wakil kepala sekolah dari setiap bagian yang berjumlah kurang lebih sekitar 25 orang.

Penyusunan visi, misi, dan tujuan Sekolah agar dihasilkan rancangan, rencana dan implementasi yang sesuai dengan kebutuhan dan cita-cita sekolah.

Visi sekolah merupakan gambaran besar, tujuan utama, dan cita-cita sekolah di masa depan. Misi sekolah adalah penjabaran atau langkah-langkah operasional untuk mencapai visi sekolah.
Sedangkan tujuan sekolah adalah capaian kualitas yang spesifik, terukur, dapat dikerjakan, relevan, dan jelas waktu pencapaiannya, dalam rangka mewujudkan visi dan misi sekolah.

Continue reading

Mewujudkan Ksatria Muda Melalui Kegiatan Penerimaan Tamu Ambalan (PTA) 2022

PTA atau yang disebut penerimaan tamu ambalan merupakan kegiatan tahunan yang dilaksanakan di SMA Budi Utomo Gadingmangu. Kegiatan ini sebagai wadah menumbuhkan jiwa kepemimpinan, menanamkan kedisiplinan dan kemandirian yang lebih baik bagi kelas X, XI dan XII serta melatih kekompakan kepada anggota pramuka. Tahun ini SMA Budi Utomo Gadingmangu melaksanakan PTA pada tanggal 8-13 Agustus 2022. PTA tahun ini dilaksanakan selama 6 hari dan diikuti kelas X, XI dan kelas XII.

“Dikesempatan ini telah sah dan diterima sebagai anggota pramuka penegak pangkalan SMA  Budi Utomo Gadingmangu dan kegiatan ini  arahnya untuk menerapkan 6 (enam) thobiat luhur yaitu rukun, kompak, kerjasama, jujur, amanat, muzhid muzhid. dikehidupan nyata dengan kegiatan pramuka ini.” Ucap Kak Heboh Handono Pribadi Luhur, M. Pd.

Perkemahan ini diikuti oleh peserta kurang lebih sejumlah 1.805 siswa yang dibagi menjadi 52 sangga dengan mengangkat tema “Mewujudkan kstaria muda yang mengenal jati diri bangsa yang lebih baik lagi dan memiliki karakter 6 Thobiat Luhur” dengan harapan generasi muda  yang baik dan berkarakter luhur.

Sebelum upacara dimulai kakak-kakak DK melakukan cek peserta untuk mengetahui kelengkapan peserta. Upacara berlokasi di lapangan Desa Gadingmangu yang diikuti seluruh peserta dan kakak-kakak pembina dengan khitmat dan dihadiri secara langsung oleh sekretaris Kwarcab (Kak Nasirudin).

“Saya sangat bangga sekali dengan kakak-kakak pramuka Pangkalan SMA Budi Utomo Gadingmangu karna pangkalan ini meraih prestasi yaitu sebagai pangkalan terbaik dan teraktif di lingkup Kwarcab. Seperti saat ini kita semua bisa mengadakan kembali kegiatan PTA setelah 2 tahun vakum karena pandemi” terang Nasirudin dalam sambutan di sesi upacara.

Selesainya upacara, kegiatan diawali dengan pendirian tenda dan dilanjut dengan perlombaan. Banyak sekali lomba yang diadakan untuk memeriahkan PTA tahun ini, lomba yang paling seru adalah lomba yel-yel kreasi. Lomba ini sangat membutuhkan kekompakan dan kekreatifan. Setiap sangga bebas mengekspresikan dirinya didalam lomba tersebut. Ada juga lomba-lomba lainnya seperti lomba masak khusus untuk peserta putri.

Tepat pukul 13.00 WIB, Kakak DK melaksanakan jelajah untuk peserta, pemberangkatan diawali dengan pertanyaan menggunakan sandi-sandi, siapa yang berhasil menjawab pertanyaan dengan cepat dan tepat maka sangga itu bisa berangkat jelajah.

Dengan rute perjalanan yang berliku liku tentu banyak sekali rintangan dan teka-teki yang mereka hadapi dan pecahkan, disetiap pos pasti ada tantangan tersendiri untuk mereka, entah itu basah kuyub air sungai ataupun lumpur persawahan.

Setelah selesai jelajah para peserta dipersilahkan untuk membersihkan diri dan beristirahat termasuk makan dan shalat, tepat setelah sholat isya’ semua peserta dan panitia berkumpul untuk melaksanakan upacara Api Unggun. Upacara dilakukan dengan tenang dan khitmat. Malam kian larut dan waktunya menuju tenda masing-masing untuk istirahat malam.

Keesokan harinya dihari kedua peserta mempersiapkan diri untuk membuat sarapan. Mereka dengan kompak memasak untuk regunya masing-masing. Setelah pukul 08.00 upacara penutupan dimulai dan Tak terasa waktu telah cepat berlalu kenangan hanya tinggal kenangan, tibalah saatnya SAYONARA, tenda pun telah dibongkar semoga kebersamaan mereka tak sebatas patok tenda. Tetesan air mata haru mengiringi kepulangan mereka. (Reporter : MY)